Jumat, 07 September 2012

Arti sebuah ijasah S3


Berapa besarnya  ijasah S3 bagi kamu ?

Itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh Prof.Dr. Kuspriyanto dalam kuliah perdana filsafat ilmu. Pertanyaan ini sama sekali tidak terduga bagi saya, pertanyaan yang gampang tetapi sungguh susah jawabannya......

 Secara ekonomi, setelah saya hitung bedasarkan biaya yang dikeluarkan mulai dari persiapan dan kemungkinan gaji yang saya peroleh sampai saya berusia 70 tahun , harga ijasah S3 sebesar 

 Rp  7.486.400.000,00


Tetapi harga ijasah S3 tidak semata-mata berupa uang, harga ijasah S3 bagi saya sungguh tidak ternilai.... sebuah ijasah S3 mencerminkan nilai profesionalisme seorang dosen , ketaatan sebagai istri dan  perjuangan orang tua, setiap keringat dari kerja kerasnya untuk keberhasilan anaknya

Jika saya kilas balik beberapa bulan yang lalu, saya teringat kata-kata ibu “alhamdulillah kamu diterima S3 ITB, mudah-mudahan cita-citamu waktu kecil tercapai”.

 Memangnya cita-cita saya waktu kecil apa bu ?

Lho, kamu kan waktu kecil pengen jadi profesor... jelas ibu dan ibu tiap hari berdoa supaya tercapai cita-citamu......

Oohhh.. ternyata ini rahasianya mengapa ada pertanyaan demikian dari prof Kuspriantono, untuk mengingatkan saya supaya tetap  mempunyai motivasi tinggi daam menempuh program Doktor sampai selesai. Terima kasih Prof.
gambar diambil dari :
Pascaumsloket1.blogspt.compascaumsloket1.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar